Selamat Datang!

9. Skema Diagram Kelistrikan Pengering Rambut

Rangkaian kelistrikan hair dryer beragam susunannya, terutama dalam hal pengaturan kecepatan motor DC dan pemakaian elemen pemanas. Ada yang mempunyai satu elemen pemanas dengan 1 kecepatan motor, satu elemen pemanas dengan 2 kecepatan motor dan ada pula yang menggunakan tiga elemen pemanas dengan 3 kecepatan motor. Gambar



Cara kerja hair dryer
Jika tusuk kontak dihubungkan ke sumber listrik, dan saklar pada kedudukan ON , maka ada aliran arus dari sumber listrik menuju elemen pemanas, sehingga elemen pemanas akan menghasilkan panas. Di dalam hair dryer terdapat thermostat yang digunakan sebagai pengaman elemen apabila suhu yang dihasilkan terlalu panas. Jika suhu yang dihasilkan terlalu panas, maka thermostat secara otomatis akan memutuskan aliran arus listrik yang masuk ke elemen pemanas.

Motor digunakan untuk menggerakkan kipas/fan agar panas yang dihasilkan dapat dihembuskan keluar. Motor dicatu dengan sumber arus searah (DC). Sumber arus searah diperoleh dari pembagian tegangan (voltage devider) yang sudah diturunkan oleh lilitan elemen pemanas. Tegangan yang telah diturunkan kemudian disearahkan oleh dioda yang dirangkai model jembatan (bridge) sebagai pencatu motor DC, untuk menggerakkan kipas.

Untuk memilih panas yang diinginkan, dilakukan dengan mengatur posisi saklar pengatur suhu. Saklar pengatur suhu ini mengatur pembagian tahanan pada elemen pemanas. Jika saklar dihubungkan pada kedudukan 0, maka arus langsung mengalir melalui hambatan/tahanan elemen pemanas. Dan jika saklar dihubungkan kedudukan 1, maka besarnya tahanan elemen pemanas akan berkurang karena panjang elemen pemanas berkurang. Dengan demikian arus yang masuk ke elemen pemanas bertambah besar, sehingga panas yang dihasilkan juga akan mengalami kenaikan.

Share this post :

2 komentar:

  1. Berapakah arus yg dibutuhkan untuk dc motor nya, apakah semua hairdryer memiliki dinamo dengan volt yang sama

    BalasHapus
  2. Pertanyaan sama...?
    Nunggu jawaban blogger yg masih tidur🤣

    BalasHapus

 
Support : Disclaimer | Policy
Copyright © 2017. Blog PPART
Bagi Mahasiswa
Powered Blogger