Selamat Datang!

10. Skema Diagram Kelistrikan Kipas Angin

Kipas angin tipe ini tidak dilengkapi pengatur waktu, sehingga kumparan stator terus mendapat aliran listrik selama kipas angin bekerja.



Cara kerja rangkaian
> Jika arus I masuk ke kumparan R = 100 Q, maka timbul $m pada inti (besi lunak/kern)
> Cincin kutub bayangan merupakan kumparan n = 1 lilit yang berada di sekitar $m , maka akan timbul ggl induksi sehingga cincin U menjadi berkutub magnet U, demikian juga cincin S berkutub magnet S. Pada rotor juga timbul ggl induksi.
> Karena pada cincin U dan S timbul medan magnet, maka akan ada ggm ($m’) dari U ke S sehingga rotor motor akan digerakkan 0 - 180o, karena ada gaya Lorentz searah jarum jam (sesuai hk. Lorentz).
> Kumparan rotor yang berputar di dalam ggm medan utama ($m) akan timbul ggl induksi lawan (e) yang arahnya melawan ggm utama ($m’) dan membelokkan arah ggm utama ($m’) . Karena ggm ($m’) dilawan oleh ggm rotor ($R) , maka akan timbul medan putar sesuai arah belokan ggm, sehingga rotor berputar 180o - 360o.

Share this post :

2 komentar:

  1. Semua Post yang saudara bagikan saya rasakan sangat bermanfaat,..terimakasih telah ikhlas berbagi.semoga blog ini makin sukses

    BalasHapus
  2. Berapa lilit kira2 untuk gulungannya ? Trims sblmnya.

    BalasHapus

 
Support : Disclaimer | Policy
Copyright © 2017. Blog PPART
Bagi Mahasiswa
Powered Blogger