Selamat Datang!

8. Skema Diagram Kelistrikan Motor Mesin Jahit

Mesin Jahit menggunakan Motor Universal jenis motor ini banyak digunakan pada peralatan rumah tangga listrik, antara lain mixer, blender, vacum cleaner, juice extractor, motor mesin jahit, bor listrik, mesin ampelas dan lain-lain. Motor ini dapat menggunakan sumber listrik arus bolak balik (AC) atau listrik arus searah (DC) dengan menghasilkan kecepatan putaran yang sama. 
a. Bagian-bagian motor universal
> Stator
Stator adalah tempat kumparan medan magnit, pada umumnya motor universal mempunyai dua kutub.
> Rotor
Rotor adalah bagian dari motor yang berputar, terdiri dari dua bagian yaitu jangkar dan komutator. Jangkar merupakan tempat kumparan kawat tembaga dan pangkal-ujung kumparan dilekatkan pada komutator/lamel yang sesuai dengan langkah lilitan.
Pada salah satu ujung poros rotor dibuat roda gigi ulir memanjang sebagai kopling untuk memindahkan putaran atau meneruskan putaran motor ke komponen lainnya.

Gambar berikut adalah konstruksi dan bagian-bagian dari motor universal.


Gambar 2.42 Konstruksi motor universal
b. Gangguan atau kerusakan
Gangguan atau kerusakan yang sering terjadi pada motor universal antara lain:
1) Sikat arang
Sikat merupakan bagian dari motor yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari sumber menuju lilitan jangkar, sering mengalami keausan dan pecah.
Jika sikat arang aus karena gesekan dengan komutator, pegas pengatur sikat perlu dikencangkan secukupnya.
Jika sikat pecah harus diganti dengan sikat baru yang ukurannya sesuai. Permukaan sikat harus benar-benar presisi dengan kontur permukaan komutator agar tidak timbul bunga api. 
2) Lilitan rotor
Pada umumnya lilitan/kumparan rotor motor ini, mempunyai diameter yang cukup kecil dan jumlahnya banyak. Jika terjadi hubung singkat atau putus karena gesekan dengan stator, perbaikan dapat dilakukan, dengan:
(a) Melilit ulang/rewinding
Motor harus dibongkar dan kumparan rotor yang rusak harus dilepas. Dalam melakukan lilit ulang yang perlu diperhatikan adalah diameter dan jumlah kawatnya. Dan yang lebih penting adalah kualitas dari kawat email harus sekualitas kawat aslinya.
(b) Mengganti
Jika harus dilakukan penggantian, sebaiknya membeli suku cadang baru sesuai spesifikasinya (bawa rotor aslinya sebagai contoh).
3) Lilitan stator
Pemakaian dengan beban yang berlebihan dapat menyebabkan lilitan stator panas dan akhirnya terbakar. Jika terbakar maka lilitan harus diganti/dililit ulang, sebaiknya kualitas kawat email yang digunakan sama dengan aslinya atau sekualitas.
4) Komutator/lamel
Jika frekuensi pemakaian yang sering, biasanya komutator akan aus akibat gesekan dengan sikat arang. Agar kontur permukaan komutator menjadi rata kembali, maka permukaannya harus diratakan dengan ampelas halus. Hati-hati ketika meratakan permukaan komutator dengan ampelas, jangan sampai lapisan email pada kumparan terkelupas

Share this post :

1 komentar:

  1. Siang pak, itu ada kabel 3, putih, merah, hitam di socketnya. Phasa netral warna apa pak ya? ๐Ÿ™

    BalasHapus

 
Support : Disclaimer | Policy
Copyright © 2017. Blog PPART
Bagi Mahasiswa
Powered Blogger