Selamat Datang!

13. Skema Diagram Kelistrikan Mesin Cuci

Secara umum rangkaian kelistrikan dari berbagai merk untuk mesin cuci dua tabung hampir sama. Sedangkan rangkaian kelistrikan untuk mesin cuci otomatis, terdapat penambahan-penambahan komponen kendali sesuai dengan peruntukannya. Gambar pada halaman berikut merupakan salah satu rangkaian kelistrikan mesin cuci dua tabung.


Bagian-bagian mesin cuci
Mesin cuci manual banyak digunakan di dalam rumah tangga, karena harganya relatif murah, konsumsi daya relatif hemat (energy saving) dan perawatan maupun perbaikannya cukup mudah. Bagian-bagian mesin cuci manual, antara lain:
a. Motor Listrik
Motor listrik yang digunakan untuk mencuc/wash adalah motor induksi jenis capasitor run dengan dua arah putaran. Sedang motor untuk spin menggunakan motor capasitor dengan satu arah putaran
b. SabukJbelt
Dipasang pada puley yang seporos dengan motor wash dan dihubungkan ke poros pulsator. Diameter poros pulsator lebih besar agar putaran pulsator lebih rendah.
c. Pulsator
Untuk memutar dan membolak balik/mengaduk cucian dengan air sabun atau air pembilas.
d. Lubang pengisian air
Merupakan saluran masuk air ke tabung cuci, lubang pengisian air ada yang menggunakan keran, untuk membuka dan menutupnya dilakukan secara manual.
e. Panel kontrol
Pada panel control, operator bisa memilih program cuci/wash, memeras/spin atau mengeringkan dan menentukan jenis pekerjaan ringan, sedang, atau berat berdasarkan jenis kain.
f. Timer
Biasanya pada panel kontrol terdapat dua timer selector yaitu untuk wash dan untuk spin. Pengoperasian timer dilakukan dengan memutarnya searah jarum jam ke angka waktu yang dikehendaki.
g. Buzzer, merupakan alarm yang membantu untuk memberitahukan kepada operator bahwa waktu pengerjaan telah selesai
h.  Saringan/filter, fungsinya menyaring air dari benda-benda yang memungkinkan dapat menyumbat selang pembuangan atau klep pompa air




Bagian-bagian mesin cuci otomatis:
a. Panel kendali
Pada panel terdapat menu-menu pekerjaan mencuci, antara lain; suhu air, tekanan air, waktu pencucian, siklus pencucian dan lain-lain.
b. Motor listrik
Motor listrik yang sering digunakan pada mesin cuci ini adalah multy speed permanent capasitor motor, starting capasitor motor dan running capasitor motor
c. Tabung cuci/drum
Tempat cucian yang akan dicuci, membilas dan pengeringan
d. Agitator
Berfungsi untuk memutar air cucian dan bahan yang dicuci
e. Pompa air
Menghisap air dari bak cuci/drum untuk dibuang melewati pipa pembuangan, pompa bekerja setelah proses pencucian selesai. 
f. Pipa masuk air/inlet valve
Ada dua macam inlet valve, yaitu menggunakan satu pipa dengan air dingin saja atau dua pipa yaitu saluran air panas dan dingin.
g. Pipa keluar pembuangan air/outlet valve
Merupakan saluran pembuangan air bekas cucian dan pembilasan setelah melewati filter

Share this post :

4 komentar:

  1. Assalamualaikum , saya mau tanya nih , saya mengalami kesulitan dalam merangkai kabel pada mesin cuci , jadi asalnya itu gulungannya sudah rubahan dari bengkel , dan dia hanya dapat berputar ke arah kanan saja , sebelumnya saya juga pernah belajar dynamo , tapi saya belum paham jalur kabel yang dipasang ke timer agar bisa bolak balik , tolong kasih masukan dong ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman sy,pastikan dl dinamo bsa berjalan 2 arah,utk k timer masukan strum kluaran 2

      Hapus
    2. Pengalaman sy,pastikan dl dinamo bsa berjalan 2 arah,utk k timer masukan strum kluaran 2

      Hapus
    3. Pengalaman sy,pastikan dl dinamo bsa berjalan 2 arah,utk k timer masukan strum kluaran 2

      Hapus

 
Support : Disclaimer | Policy
Copyright © 2017. Blog PPART
Bagi Mahasiswa
Powered Blogger